Tak terasa bulan ramadhan sudah 16 hari lamanya. Gimana nih? Masih semangat kan smartFOLKS semua?!

Rasanya sedih campur bahagia. sudah lebih dari 1 tahun banyak dari kita hanya duduk termenung di rumah. mungkin menyenangkan untuk beberapa bulan pertama karena dapat meluangkan waktu lebih untuk keluarga. namun, sudah selama ini, bosan mulai melanda.

Bulan Ramadhan selalu menjadi salah satu ajang temu rindu. Sholat taraweh bermajaah, buka puasa bersama kerabat dan keluarga, bahkan pulang ke kampung halaman. namun mungkin, kali ini akan sulit untuk melakukan hal tersebut.

terus, kita musti gimana nih? well, i have just the right solutions for you! menjadi produktif saat ramadhan tetap dapat kita lakukan di masa pandemi tanpa beresiko menularkan orang lain maupun tertular.

  • Planning!
    “if we fail to plan, we plan to fail” begitu kata beberapa orang sukses di dunia. kalau kita gagal membuat perencanaan, kita berencana untuk gagal. Nah, smartFOLKS bisa banget nih memulai dari sekarang untuk menyusun rangkaian jadwal ramadhan sesuai goal smartFOLKS semua. smartFOLKS bisa memuat dimuali dari goal mikro hingga makro. Saya akan bantu smartFOLKS semua dengan menyarankan aplikasi kekinian yang dapat membuat produktifitas smartFOLKS semua!
  • Notion
  • Google Calendar
  • Todoist
  • Asana
  • Trello
    atau, smartFOLKS bisa akses link dibawah untuk free bundle ramadhan planner dari Cordova!
    https://drive.google.com/file/d/1awMNWs-nvKTK3QLlfUhAMKTpSRerQsBI/view?usp=sharing
  • Rencakan aktifitas seru bareng keluarga
    ini penting banget untuk mengusir rasa bosan! aktifitas bareng keluarga bisa jadi solusinya! bagi smartFOLKS yang sudah berkeeluarga maupun belum, bisa dicoba bermain game trivia. game trivia merupakan game kuis seru yang dilakukan secara massive. smartFOLKS juga bisa mengganti game trivia ini dengan main Jengga, Congklak, Scrabble, atau permainan lain. Berikut beberapa game seru yang dapat smartFOLKS manfaatkan pada saat ramadhan bersama keluarga maupun teman – teman.
  • Kahoot Game
  • Jengga
  • Scrabble
  • Kartu UNO
  • Puzzle
  • Painting by Numbers
  • Congklak
  • Kuda Bisik
  • Pictionary
  1. Movie Night!
    ini pas banget buat yang hobby nonton film! bisa banget nih buat smartFOLKS buat “movie night atau movie day” bareng temen atau keluarga. pasti seru buat mengisi kekosongan hari.
  2. Religious Activities
    smartFOLKS bisa banget rencakan juga setiap harinya setor hafalan dengan teman atau orang tua, ikut kajian anak muda untuk menambah ilmu, diskusi dengan remaja masjid, dll. Jangan lupa, bulan Ramadhan ialah bulan yang penuh berkah. penting sekali untuk menambah dan memperbaiki sebanyak-banyaknya kekurangan kita
  3. Charity!
    yang satu ini pasti ngga asing lagi. yup, Charity! berbagai merupakan sebuah aktifitas yang saling menyenangkan. selain dapat menambah kebahagiaan, berbagi juga dapat memperbanjanng rezeki dan umur loh! Coba realisasikan berbagi untuk teman – teman kita yang kurang mampu. Bisa dengan teman, keluarga. Atau bisa volunteering untuk bebersih masjid! wah, seru kan?

yang terakhir, wajib banget untuk smartFOLKS berdiam diri dan evaluasi. Bercermin kepada diri kita merupakan hal baik untuk menjadi lebih baik setiap harinya.

Semoga artikel ini dapat menambah ide smartFOLKS dalam merencanakan ramadhan tahun ini ya!

Produktif saat Ramadhan? SIAPA TAKUT!

Sources :
https://mindiply.com/blog/post/the-science-behind-strategic-planning
https://www.liputan6.com/ramadan/read/3537121/5-tips-tetap-produktif-di-bulan-puasa
https://kumparan.com/kumparanwoman/tips-ramadhan-4-cara-untuk-tetap-produktif-bekerja-saat-puasa-1r2l6WfTcne

Hi smartFOLKS,
Kali ini Granada mau bahas soal pola makanan yang cocok sesuai anjuran ahli gizi! jadi setelah artikel ini, smartFOLKS diharapkan meninggalkan website ini dengan tenang dan damai karena kami sudah bocorkan rahasianya.

Bismillah, Mari kita mulai!


You are what you eat, alias apa yang kita makan akan berpengaruh terhadap fungsi tubuh kita. Tidak hanya yang terlihat secara fisik, ternyata pola makan juga mempengaruhi fungsi otak. masa iya sih? tenang, saya nggak akan berpendapat kalau belum ada buktinya.


Untuk menginvestigasi bagaimana pola makan yang tidak sehat berdampak pada manusia, para peneliti merekrut 110 orang bertubuh kurus dan sehat usia 20 hingga 23 tahun yang cenderung memiliki pola makan yang baik. Setengahnya secara acak masuk ke kelompok kontrol yang menjalani pola makan normal mereka selama seminggu. Setengah lainnya menjalani pola makan gaya barat yang berkalori tinggi, dengan makanan seperti wafel Belgia dan makanan cepat saji.


Para peneliti menemukan bahwa setelah seminggu melakukan pola makan tinggi lemak dan tinggi gula, peserta yang berusia 20 tahunan mendapat nilai lebih buruk pada tes memori.


Kok bisa? well, pola makan tidak sehat, seperti makanan ala barat (junk food) membuat orang lebih sulit untuk mengatur nafsu makan dan di sisi lain menunjukkan adanya gangguan di wilayah otak yang disebut hipokampus.
Kondisi tersebut akan membuat seseorang lebih sulit untuk menolak keinginan makan dan menciptakan perilaku makan berlebih. Pada akhirnya kondisi ini merusak hipokampus, wilayah otak yang terlibat dalam memori dan kontrol nafsu makan. Bahkan menurut Royal Society Open Science, salah satu pola makan yang dianggap buruk adalah pola makan ala barat (junk food).


Nah, terus gimana nih? tenang, Granada sudah meringkas untuk smartFOLKS semua agar mudah dipahami.


1. Menambah asupan protein
Pola makan yang dianjurkan oleh ahli gizi yang pertama adalah menambah asupan protein. Protein akan membentuk otot, kulit, hormon, dan hampir semua sel dan jaringan pada sistem organ tubuh. Selain itu, sumber makanan berprotein tinggi juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Makanan berprotein tinggi akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga massa otot dan pembakaran lemak bertambah, serta membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi juga dapat menjaga berat badan ideal.


Salah satu pilihan makanan sehat adalah ikan, karena kadar proteinnya yang tinggi. Allah berfirman, “Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), …” (QS. An Nahl:14). 

  • Konsumsi lemak baik
    Pola makan kedua yang dianjurkan oleh ahli gizi adalah mengonsumsi lemak sehat. Ada dua jenis lemak yang baik untuk tubuh yaitu lemak yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3. Menurut penelitian, kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Pilih karbohidrat kompleks
    Selain protein dan lemak sehat, unsur gizi anjuran ahli gizi yang perlu Anda konsumsi adalah karbohidrat kompleks. Ada dua jenis karbohidrat, yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Dari keduanya, yang disarankan untuk dikonsumsi adalah karbohidrat komplek. Seperti halnya protein, karbohidrat kompleks merupakan sumber energi untuk tubuh. Dalam karbohidrat kompleks juga terkandung vitamin, mineral dan serat.
  • Menambahkan yoghurt saat mengonsumsi buah
    Yoghurt mengandung protein hewani, kalsium, kalium, zinc, vitamin B2, B12, dan magnesium. Si asam ini juga kaya akan bakteri baik (probiotik) yang diduga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan.
  • Jangan lupakan pentingnya serat
    Serat merupakan salah satu unsur gizi penting yang dianjurkan oleh ahli gizi. Serat sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan terutama usus Anda. Beberapa jenis serat juga dapat mendukung program penurunan berat badan, menurunkan gula darah, dan memerangi konstipasi.
  • Makanan yang perlu dihindari
    Beberapa ahli gizi menyarankan untuk tidak terlalu banyak/sering mengonsumsi daging olahan seperti hot dog, daging asap, sosis; kopi yang dicampur gula; margarin; kue atau camilan kemasan, makanan kaleng; atau sereal yang ditambah gula. Mengapa? Karena makanan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), diabetes, dan penyakit ginjal. Berbagai makanan cepat saji juga merupakan makanan yang perlu dibatasi.
  • Batasi minuman dengan pemanis
    Sebagai gantinya, Anda bisa minum susu atau jus buah segar. Batasi asupan makanan yang asin atau banyak mengandung garam.
    Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter gizi untuk mendapatkan program langkah penanganan gizi yang sesuai.

Penting untuk diingat untuk tidak berlebihan dalam makan dan minum, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Tidak ada suatu wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih jelek melebihi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan kecil untuk menegakkan tulang belakangnya. Jika tidak mungkin, sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya,” (HR Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim).

Sekarang jangan malu lagi ya untuk diet. karena sesungguhnya memiliki keinginan tubuh yang ideal dan sehat adalah hak semua orang. Dan malah dianjurkan. of course tetap jangan berlebihan ya!
Salam Sehat!

anfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan organ, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Tidak heran jika para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Di era modern ini, banyak yang melupakan Al Qur’an seebagai petunjuk hidup. Padahal, banyak sekali pesan dan ilmu yang baik di dalamnya. Ada kurang lebih 7 jenis buah-buah an yang disebutkan di Al-Qur’an dan disarankan untuk mengkonsumsinya untuk memaksimalkan kesehatan

“Demi buah tin dan buah zaitun,” begitu bunyi QS. At-Tin ayat 1.
Buah tin atau ara adalah tumbuhan unik yang bentuknya menyerupai tetesan air mata. Seperti yang sudah disebutkan, buah ini ada khusus dalam surat QS. At-Tin ayat 1.

Buah dengan nama fig ini, memiliki ragam manfaat kesehatan. Mengutip Healthline, mengonsumsi buah tin mampu menjaga kesehatan pencernaan, jantung, kulit, mengontrol kadar gula darah, hingga memiliki sifat antikanker.

Masih dalam surat yang sama, buah zaitun juga merupakan tanaman istimewa. Wajar, baik buah maupun minyaknya kerap kita konsumsi dalam hidangan sehari-hari. Bahkan, zaitun digadang-gadang sebagai salah satu buah yang kaya manfaat kesehatan.

Beberapa manfaat minyak zaitun, misalnya, bisa menjadi pilihan lemak baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, mengutip Bbcgoodfood, minyak zaitu juga kaya akan antioksidan, mencegah darah tinggi, depresi, osteoporosis, hingga membunuh bakteri di perut.

Sudah bukan hal yang luar biasa lagi kalau buah kurma memiliki derajat khusus yang tinggi. Buah ini bahkan dianjurkan untuk dimakan pertama kali saat berbuka puasa. Dan nyatanya buah ini merupakan favorite Rasulullah ﷺ untuk sarapan pagi.

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan,” QS. An-Nahl ayat 11.

Keistimewaan kurma juga dibarengi dengan manfaat kesehatan yang bisa dihasilkan oleh buahnya. Manfaat tersebut juga telah melalui proses penelitian yang diterbitkan beberapa jurnal kesehatan; seperti kurma bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, fungsi otak, tulang, hingga mengontrol gula darah.

Anggur juga merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam surat An-Nahl ayat 11. Buah asam-manis ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang membuatnya masuk dalam daftar superfood.

Baik anggur hitam maupun hijau kaya akan resveratrol yang berfungsi untuk kesehatan jantung. Enggak cuma itu, anggur juga mengandung antioksidan tinggi, vitamin C, K, serta beta karoten. Tidak heran, kalau anggur kerap jadi
 pilihan camilan sehat untuk daya tahan tubuh. lagi, siapa yang bisa menolak? super enak!

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),” begitu pisang disebut dalam QS. Al-Waqiah ayat 29. Buah manis nan lembut ini memang istimewa. Terlebih, pisang diselimuti oleh manfaat kesehatan yang luar biasa.

Buah yang kaya karbohidrat ini kerap dijadikan camilan pengganjal saat olahraga. Wajar, makan sebuah pisang bisa membantu meningkatkan stamina kamu saat berolahraga. Ini buah luar biasa! pisang juga memiliki manfaat lain; seperti menjaga kesehatan tulang, membantu mempercepat pemulihan luka, meredakan nyeri lambung dan hati, serta menjaga kesehatan pencernaan.

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan,” QS Al-An’am ayat 141.

di surat dalam Al-Quran tersebut kita dianjurkan untuk makan buah delima. Ini karena, buah asam-manis tersebut turut mengandung beragam manfaat untuk tubuh manusia. Mengutip Boldsky, buah delima mampu mengontrol tekanan darah dan mengatasi suasana hati yang kurang baik. Saya yakin ini sudah tidak asing karena banyak dari peneliti membuktikan khasiatnya dalam bidang kecantikan.

Itulah 6 buah – buah an yang disebutkan di Al- Qur’an beserta manfaatnya. Dont let any media fool you! these guys are the best!

Sources :
https://kumparan.com/kumparanfood/buah-tin-hingga-pisang-6-manfaat-buah-buah-yang-ada-dalam-al-quran-1v1ik1G4DZG/full

Siapa yang gak doyan dengan nasi? Makanan pokok rakyat Indonesia ini, sudah jadi menu wajib yang rasa-rasanya belum makan kalau tidak ada nasi. Bahkan sebagian orang menganggap cukup makan dengan nasi dan sambal atau kecap saja. Padahal nasi putih perlu disandingkan dengan lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Selain karbohidrat, nutrisi lain yang terkandung dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.
Nutrisi yang terkandung dalam nasi putih dan bermanfaat bagi tubuh, yaitu:
•Karbohidrat, Karbohidrat memiliki peran penting dalam memberikan energi bagi tubuh. Karbohidrat di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian akan diserap dan masuk ke aliran darah. Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama bagi otak.
•Vitamin B1 (tiamin), untuk membantu metabolisme karbohidrat.
•Magnesium, sebagai komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.
•Mangan, untuk membantu kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di dalam tubuh.

Namun, perlu diingat, segala sesuatu yang dikonsumsi yang berlebihan, akan ada dampak negatifnya. Sebagaimana Allah berfirman,
“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)
Mengkonsumsi nasi putih terlalu banyak, dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi berlebihan, berisiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Supaya nasi yang kita masak lebih sehat untuk dikonsumsi, berikut beberapa tipsnya:


1. Sebaiknya tidak mengkonsumsi nasi dalam keadaan hangat. Tunggu sampai lebih dingin. Ini karena saat nasi hangat, indeks glikemiknya lebih tinggi dibanding saat dingin.


2. Mencampur tepung kelapa dengan beras saat dimasak. Tepung kelapa dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah karbohidrat, dan bebas gluten. Tambahkan tepung kelapa dengan takaran 6-7 sendok makan pada 1 cup beras saat dimasak. Kandungan tepung kelapa memiliki serat yang cukup untuk menghambat penyerapan glukosa pada tubuh. Cara ini akan menurunkan indeks glikemik nasi dari 89% menjadi menjadi 49%. indeks glikemik (IG) adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat makanan berkarbohidrat diproses menjadi glukosa di dalam tubuh. Karena penyerapan glukosa pada nasi campuran tepung kelapa cenderung lambat, kadar gula darah pun bisa terjaga. Mencampur minyak kelapa murni saat memasak nasi. Caranya, tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa murni pada air mendidih yang akan digunakan untuk memasak nasi. Setelah 40 menit proses penanakan dan matang, dinginkan nasi dan simpan dalam lemari es selama 12 jam terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Proses pendinginan inilah yang akan membentuk pati resisten yang nantinya akan menurunkan kalori yang diserap oleh tubuh sampai 60%. Nasi yang sudah dingin ini bisa dihangatkan lagi kok, tanpa mempengaruhi kadar pati resisten yang sudah terbentuk di dalamnya

3. Kurangi konsumsi nasi goreng. Bila kadar gula darah anda sudah tinggi, atau Anda penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi lemak tersaturasi, yaitu pada makanan gorengan dan cepat saji. Nasi goreng juga mengandung makanan lemak tersaturasi, apalagi jika ditambahkan lauk, seperti telur, ayam goreng, dan sosis goreng. Mengonsumsi makanan lemak tersaturasi dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko komplikasi pada penderita diabetes.

4. Mencampur beras putih dengan beras merah. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding beras putih, jadi mencampur keduanya saat dimasak, dapat menjadi permulaan yang baik untuk lebih menyehatkan makanan pokok kita. Beras merah memang memiliki kelemahan. Disamping harganya lebih mahal dibanding beras putih, beras ini juga dirasa kurang pulen. Biasanya beras ini direndam 30 menit sampai 1 jam dulu sebelum di masak bersama beras putih, agar terasa lebih pulen.

Sourcery :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630199/aturan-masak-nasi-agar-aman-bagi-penderita-diabetes
https://www.klikdokter.com/rubrik/read/3262144/cara-aman-masak-nasi-agar-terhindar-dari-diabetes
Sumber: https://www.alodokter.com/nutrisi-dan-kalori-nasi-putih-serta-fungsinya-bagi-tubuh
https://www.hipwee.com/tips/mengurangi-gula-pada-nasi/

Banyak di antara muslim yang belum mengetahui shalat yang satu ini. Baik dari keutamaan maupun waktu pelaksanaanya. Shalat ini dikenal dengan shalat isyroq/syuruq. Secara etimologi (bahasa), Syuruq dapat diartikan sebagai (Matahari) terbit. Waktu syuruq biasanya menandakan bahwa waktu subuh telah berakhir. Waktu syuruq atau waktu terbit matahari dapat dihitung dengan menggunakan algoritma tertentu. Jadi ngga bisa sembarangan, ada aturannya! Kita bisa memahami rentang waktu 90 menit dari waktu Fajar Shodiq (Subuh)

Dalam hadits Rasulullah ﷺ disebutkan bahwa sholat dhuha yang dilaksanakan persis pada waktu terbitnya matahari disebut sholat Al-isyraq (HR. Al-Hakim dan Thabrani dari Ummu Hani). Namun ini bukanlah sholat dhuha, karena sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah matahari sepenggalahan naik dan sholat shunah isyraq waktunya adalah sejak terbit matahari sampai waktu dhuha (sepenggelahan naik). Syeikh Nashiruddin Al Albani menyebutnya sebagai awwal dhuha, jadi setelahnya jika ingin menambahkan rokaat sholat dhuha, maka tinggal menambahkan.

Jadi beda ya bapak, ibu Cordova Family! it might be similar but also different. biar gampang, saya kasih gambarannya. so, jika bapak dan ibu Cordova Family mau melaksanakan sholat syuruq, bapak dan ibu harus melaksanakannya sekitar 5:47 WIB pagi. Per hari ini (18/03/2021) persis setelah matahari terbit dan waktu subuh habis. Fun fact, tepat di jam ini menurut BMKG merupakan waktu ketika matahari mulai terbit.

Sementara jika ibu dan bapak ingin melaksanakan sholat duha tepat di waktu dhuha pertengahan, bisa dikerjakan setelah matahari sudah mulai berada terik diatas. mungkin sekitar jam 9:00 WIB pagi. Waktu ini didapatkan resmi dari perkiraan BMKG.

Bukan tanpa alasan loh, mengapa sholat ini sangat dianjurkan. Menurut Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda

“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk – dalam riwayat lain: dia menetap di mesjid – untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna“.[HR Thabrani & Tirmidzi]

Apa yang telah disampaikan oleh baginda Rasulullah ﷺ diatas menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat, setelah shalat shubuh berjamaah di masjid, untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat.

Adapun keutamaan yang utama ketika seorang muslim mengerjakan shalat isyroq dua raka’at adalah mendapatkan pahala haji dan umroh. Namun demikian, shalat ini tidak bisa menggantikan ibadah haji dan umroh, akan tetapi hanya sama dalam pahala dan balasan saja.

Hanya 2 rakaat, ganjarannya begitu berlimpah. MasyaAllah, ayo jadi pribadi yang lebih beruntung lagi dengan Shalat Syuruq!

P = 700 x S. Hehm, sungguh menarik rumus matematika sedekah. Rumus ini sekadar menggambarkan perumpamaan demikian besarnya pahala sedekah. P adalah Pahala, dan S adalah Sedekah. Ilustrasi ini pastinya tidak dapat mewakili betapa luasnya karunia Allah kepada hamba-nya karena Dia melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki.
“Perumpamaan sedekah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261)

Seluruh kejayaan peradaban Islam, penyebaran dakwah hingga ke segala penjuru dunia, mustahil diraih tanpa pengorbanan jiwa dan harta kaum muslimin. Maka harta bukan sekadar kemewahan duniawi, tapi dia adalah kendaraan untuk menghantarkan kita ke Surga yang kekal selamanya.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa membelanjakan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.’ Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ingin dipanggil masuk ke Surga dari pintu sedekah? Mari perbanyak sedekah. Jangan lupa, biasakan anak kita untuk bersedekah, karena gemar bersedekah bukanlah tabiat sesaat kala kita dewasa, melainkan karakter yang dibentuk sejak kecil. Bismillah, insyaAllah bisa.

“Surely with hardship, comes ease” Qur’an 94:5. “Sesungguhnya bersama kesulitan, ada kemudahan” Begitulah janji Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Insyirah ayat 5. 

Banyak dari kita yang hanya mengetahui kisah dasar Isra Miraj, sebagai waktu dimana Nabi Muhammad ﷺ dimanik dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam waktu yang singkat (semalam) ke surga.

Menurut beberapa Ulama, ada banyak perhentian di sepanjang perjalanan luar biasa ini, dan cerita penuh keajaiban yang sayang untuk dilewatkan dengan kantuk dan semangat hati yang padam. Karena konon, kisah ini dapat merubah sistem hidup kita jadi lebih bermakna. Jangan sampai sia-sia.

Take a deep breath and let’s deep dive into this Miraculous night journey of an Unconditional Love!

بِسْــــــــــــــــــمِاللهِالرَّحْمَنِالرَّحِيْمِ

Dibalik Jendela Isra’ Miraj

Secara etimologi, Isra berasal dari أَسْرَى yang artinya berjalan di waktu malam. Isra adalah perjalanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.

Sementara, Mi’raj secara etimologi berarti naik atau alat yang dipergunakan untuk naik. Secara istilah, mi’raj adalah perjalanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha.

Al-Isra ‘wal-Mi’raj terjadi pada saat Nabi ﷺ menghadapi kesusahan dan rasa sakit yang hebat. Kaum Quraish, yang merupakan sukunya dan keluarganya, terus menerus mengejek, menghina dan menindas Nabi ﷺ dan para pengikutnya. 

Selain itu, Nabi Muhammad ﷺ baru saja menghadapi Tahun Kesedihan (‘Aam Al-Huzn), di mana ia harus kehilangan istri tercintanya Khadijah radhiyallahu ‘anhu dan pamannya Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu, yang merupakan pelindung dan sekutunya.

Tak berhenti disana, Ketika Nabi Muhammad ﷺ melakukan perjalanan ke Ta’if untuk menyebarkan dakwah Islam, orang – orang  Ta’if menolaknya dengan cara yang paling kejam, mengirim anak-anak mereka ke jalan untuk melempari Nabi Muhammad ﷺ dengan batu sampai ia meninggalkan kota.

Setelah melalui begitu banyak kesedihan dan penderitaan, seperti air Allah subhanahu wa ta’ala menyibak semua luka, rasa sakit, layaknya penumpu sayatan pahit hidup. Layaknya janji, Allah subhanahu wa ta’ala kembalikan dengan hadiah paling indah maha dahsyat, Isra’ Miraj, pelipur lara (Tasliyah).

Isra’ Miraj dipercaya menjadi hadiah bukti tanda cinta Allah subhanahu wa ta’ala kepada hambaNya yang bersabar. “Sesungguhnya bersama kesulitan, ada kemudahan”. Bahwasanya, Allah subhanahu wa ta’ala tidak pernah ingkar dengan kesulitan, akan ada kemudahan.

Al – Isra’ :From The Ka’bah to Al-Aqsa

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Isra’ : 1)

Ketika Nabi Muhammad ﷺ sedang tidur di rumah Umm Hani radhiyallahu ‘anhu di Makkah ia berkata, “atap rumah saya dibuka dan Malaikat Jibril turun. “(Bukhari). Ada beberapa tafsir mengenai peristiwa ini. Sebagian ulama mengatakan Nabi Muhammad ﷺ kemudian dibawa ke Hijr, dinding Ka’bah setengah lingkaran, di mana Nabi Muhammad ﷺ bersabda bahwa Jibril, “Membuka dadaku, dan membasuhnya dengan air Zamzam. Kemudian dia membawa nampan emas dengan kebijaksanaan dan keyakinan, setelah itu menuangkan isinya ke dalam dadaku, lalu ia menutupnya” (Bukhari).

Nabi Muhammad ﷺ melanjutkan, “Saya kemudian dibawa seekor binatang putih yang disebut al-Buraq [dari kata Arab barq, yang berarti petir], lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari kuda. Langkahnya sejauh mata memandang”. (Muslim).

Di beberapa titik di sepanjang perjalanan, malaikat Jibril menghentikan Buraq dan memberi tahu Nabi Muhammad ﷺ, untuk Turun dan berdoa. Pemberhentian pertama adalah di ‘tempat emigrasi’ yaitu Madinah. Perhentian kedua adalah di Gunung Sinai, di mana Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan Taurat kepada Nabi Musa alaihissalam Pemberhentian ketiga adalah di Betlehem, di mana Nabi Isa alaihissalam lahir.

The Mi’raj : From Dome of the Rock to Sidratul Muntahah

ةَ مَا يَغْشَى * مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى * لَقَدْ رَأَى مِنْ آَيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى

Maka apakah kaum (musyrik Mekah) hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya? Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada syurga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (Muhammad ﷺ) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar. (QS. An-Najm : 12-18).

Sesampainya di Al-Aqsa, Beberapa riwayat menunjukkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ melakukan sholat dua rakaat yang sekarang dikenal sebagai Tahiyyat al-Masjid. Ini adalah salah satu contoh pertama dari Sunnah Nabi Muhammad ﷺ yang ditetapkan setelah sampai di Masjid.

Setelah itu, Nabi Muhammad ﷺ berkata, “Kemudian aku keluar dan Jibril membawakanku sebotol anggur dan bejana susu. Kemudian aku memilih susu, dan Jibril berkata, “Engkau telah memilih keadaan alamiah (Fitrah)””(Muslim).

Lalu, Nabi Muhammad ﷺ di samping Jibril kemudian melanjutkan ke Batu Mulia (as-Sakhrah al-Musharrafah) yang saat ini bertempat di Masjid Dome of the Rock di tengah tempat suci (al -Haram ash-Sharif) dari Masjid Al-Aqsa yang Terberkati untuk naik ke surga.

Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsa di Palestina berjarak sekitar 1.500 Km. Makkah – Palestina itu biasa ditempuh 40 hari dengan perjalanan onta. Sedangkan Rasulullah ﷺ bisa menempuhnya hanya  dalam beberapa jam. Ini saja sudah merupakan keajaiban. Apalagi untuk naik ke Sidratul Muntaha.

Dalam banyak hadits shahih diterangkan bahwa dalam isra mi’raj Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertemu para Nabi. Mereka menyambut dan memuliakan Rasulullah ﷺ. Sebagai bukti bahwa Rasulullah ﷺ adalah pelanjut kafilah para Nabi dan penutup mereka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendapatkan perintah shalat wajib dalam Isra Mi’raj ini. Di sinilah salah satu keistimewaan shalat; jika ibadah yang lain diwajibkan melalui wahyu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada di bumi, maka untuk mewajibkan shalat Allah subhanahu wa ta’ala memanggil Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ke langit. Imam Bukhari meriwayatkan bahwa semula shalat itu diwajibkan 50 waktu, yang kemudian menjadi 5 waktu.

Juga, dalam perjalanan isra mi’raj itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga diperlihatkan nikmat surga dan azab neraka; yang semakin mengokohkan beliau dalam mengemban dakwah berikutnya.

The Aftermath

Esok harinya sepulang dari Isra Mi’raj, Makkah menjadi gempar ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallammenceritakan Isra Mi’raj yang dialaminya. Orang-orang kafir seperti Abu Jahal semakin menjadi dalam mengejek beliau. Bahkan sebagian orang yang telah masuk Islam menjadi murtad setelah mendengar peristiwa itu. Iman mereka tidak sampai di sana. Demikian pula akalnya.

Namun tidak demikian dengan Abu Bakar radhiyallahu anhu. Ketika orang-orang menyampaikan berita Isra Mi’raj padanya, Abu Bakar radhiyallahu anhu hanya bertanya: “Apakah benar itu dari Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” ketika dijawab benar, Abu Bakar menimpali, “Kalau itu dikatakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, pastilah benar adanya!”. Demikianlah keimanan Abu Bakar radhiyallahu anhu yang luar biasa, selalu membenarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga sebagian ulama berpendapat sebab peristiwa inilah Abu Bakar radhiyallahu anhu digelari Ash-Shidiq.

Tidak ada yang lebih indah dari rencana Nya. Kita sebagai manusia harusnya jauh lebih besyukur atas doa yang tidak dikabulkan karena sesungguhnya Ketika itu Allah subhanahu wa ta’ala langsung memilihkan pilihan hidup kita dan tentu itu baik.

Hadiah atas perjuangan kesabaran Nabi Muhammad ﷺ dari Allah subhanahu wa ta’ala benar-benar dapat mengisyaratkan kasih Nya yang tak terhingga. Dari peristiwa ini pula juga kita belajar bahwa, tidak semua hal harus menjadi masuk akal untuk menjadi benar.

Banyak hikmah yang dapat kita petik dari perjalanan Isra’ Miraj Rasulullah ﷺ ini. Seperti praktek sholat sesuai contoh Rasulullah ﷺ yang baik dan benar menurut syariat, sunah – sunah seperti Sholat Tahyyatul Masjid, Kesabaran akan cobaan dari Allah subhanahu wa ta’ala, dsb.

Faktanya, banyak pendapat ulama mengenai kebenaran kisah perjalanan Isra’ Miraj Rasulullah ﷺ ini. Seperti periode kejadian, Al-Mubarakfuri menyebutkan 6 pendapat tentang waktu kejadian Isra’ Miraj. Tetapi tidak ada satupun yang pasti. Dengan demikian, tidak diketahui secara persis kapan tanggal terjadinya Isra’ Miraj.

Walaupun begitu, kita sebagai Muslim wajib mengimani nya dengan terus-menerus memperbaiki diri kearah yang lebih baik sesuai syariat islam.

Bismillah, Yuk bisa Yuk!

Sources :

https://bersamadakwah.net/10-fakta-isra-miraj-yang-perlu-anda-tahu/

https://jateng.inews.id/berita/kisah-isra-miraj-perjalanan-nabi-muhammad-saw-dengan-buraq-menembus-langit-7

https://www.suara.com/news/2021/03/07/204549/perbedaan-isra-dan-miraj-peristiwa-penting-dalam-sejarah-islam?page=al

https://muslimhands.org.uk/latest/2019/04/al-isra-wal-mi-raj-the-story-of-the-miraculous-night-journey

 
 
 
 
Obesitas

Astaghfirullah, Ini Bahaya Obesitas,

Cegah Dari Sekarang Orang dengan Obesitas atau kelebihan berat badan perlu berhati-hati.

Ada risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, darah tinggi, batu empedu, dan kanker yang mengiringi berat badan yang berlebihan.
Mari giat berolahraga dan diet agar perut tidak buncit dan terhindar dari beragam penyakit. Rutin mengkonsumsi beras merah, 

dapat menjadi salah satu solusi menurunkan berat badan, lho.

Berikut ini kandungan dan manfaatnya:

 

Continue reading
Malas Olahraga

Ini hanya untuk yang malas berolah raga !

smartFOLKS, Malas berolahraga? Mari hijrah dari sekarang. 

Banyak sekali jenis olah raga yang sesuai dengan waktu, kondisi fisik dan usia kita. Karena itu, sibuk, usia lanjut, malas, bukan alasan untuk tidak berolahraga.

Berikut 4 motivasi supaya kita giat berolah raga :

  • Giat berolah raga akan mengurangi risiko terhadap berbagai penyakit. Siapa juga yang mau berat badan naik, insomnia, mudah lelah dan melambat metabolisme tubuhnya?. Apalagi penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan ginjal. Penyakit-penyakit ini, sebagaimana diulas dr. Fadhli Rizal Makarim di situs Halodoc.com, adalah dampak yang harus diterima tubuh ketika kurang berolah raga.
  • Olahraga menjadikan tubuh kita kuat. Ini menjadi salah satu sarana ibadah untuk meraih cinta Allah. Dalam hadist riwayat Muslim di sebutkan,
    “Orang beriman yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang beriman yang lemah”.
Continue reading
Kolestrol

Ini Cuma Kolesterol, Jangan Pusing!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hi smartFOLKS!

Tau Nggak sih? Ternyata penyakit tidak menular paling tinggi yang banyak diidap oleh masyakarakat di Indonesia, jatuh kepada kolesterol. Menurut KemenKes, ada lebih dari 50% penduduk lanjut usia yang mengidap kolesterol di Jakarta. Bahkan hampir 70% penduduk di Papua Barat mengidap kolesterol akut.
Sayangnya ini juga didukung oleh gerakan anti kolesterol di Indonesia yang masih kurang sigap dan cermat. Banyak dari kita yang masih buta kolesterol. Sehingga membuat kita tidak bertanggung jawab memperlakukan tubuh kita. Padahal penting loh! smartFOLK tau nggak sih, memperlakukan tubuh kita layaknya “ratu” dapat meningkatkan hormon endorphin dan membuat sistem imun tubuh bekerja dengan maksimal? Yup, Benar!

So what are you waiting for? Lets make a change . Caranya dengan cermat kolesterol! Jangan khawatir, saya disini!

Jadi, apa itu kolesterol? Well.. seperti angel and devil ada kolesterol jahat dan baik. Kolesterol itu sebetulnya lemak yang dibutuhkan oleh tubuh! Namun, pola makan dan hidup sehat kita lah yang akan menentukan si kolesterol ini jadi baik atau jahat.

Continue reading