Keuntungan Haji atau Umrah Saat Masih Muda

Bagi sebagian kalangan anak muda, kegiatan Umrah atau Haji masih dianggap sebagai hal yang berhubungan dengan kalangan tua. Banyak anak muda yang enggan untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umrah walau memiliki kesempatan. Alasannya bermacam-macam, dari mulai belum siap, masih ingin menikmati masa muda dan lain sebagainya. Namun apakah Kamu tahu? Ternyata melaksanakan ibadah Haji atau Umrah saat masih muda memiliki banyak keuntungan.

Malaikat Penolong

“Allahu Akbar! Tolong ya Allah, ya Rabb” Teriakku berusaha berdiri dari lautan manusia berihram putih yang berada di sekeliling. Sudah lebih dari lima menit aku terdorong dan jatuh. Tanganku berusaha menggapai seseorang agar aku bisa berdiri dari himpitan manusia namun selalu gagal. Nafasku tercekat, keringatku mengucur deras dan sedari tadi aku merasakan sakit di sekujur tubuh karena badanku terinjak-injak.

Makanan Khas Arab Saudi yang Wajib Dicoba

Saat menjalani Umrah atau Haji, kini banyak hotel di Arab Saudi yang menyediakan masakan Indonesia. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan merindukan masakan khas dari Tanah Air. Namun, akan sangat disayangkan jika kita pergi ke Tanah Haram namun tidak mencoba makanan khasnya, yang ternyata rasanya tidak kalah loh dengan makanan Indonesia.

Kamu Tak Akan Pernah Bisa Umrah dan Haji

“Datang ya, Fik! Aku minta doanya.” Ucap Arief sembari menyerahkan selembar kertas kepadaku. Kubuka kertas yang diberikan olehnya dan mulai membacanya. Masya Allah ternyata Arief memberikan undangan tasyakuran keberangkatan Haji atas diri dan ibunya. Aku benar-benar takjub dengan rekan kerjaku ini. Di usianya yang masih muda dia sudah punya tujuan ibadah yang begitu mulia. Banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam diri karena tiba-tiba saja dia memberikan undangan ini.

Tempat Belanja Murah di Tanah Suci

Ketika kembali dari ibadah Haji atau Umrah tentu kita tidak ingin pulang dengan tangan hampa. Perlu membeli sesuatu sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah, bukan? Jamaah Haji dan Umrah asal Indonesia biasanya sudah berbelanja oleh-oleh terlebih dulu agar tidak repot untuk membawa banyak belanjaan saat selesai beribadah. Namun, tentu kurang afdol rasanya jika kita tidak membawa sama sekali buah tangan langsung dari sumbernya dengan tangan kita sendiri.

Gelar yang Disandingkan

“Ini di depannya kamu kasih gelar Haji, ya. Bapak nggak mau kejadian waktu nikahin adikmu terulang. Ngasih undangan ke teman-teman Bapak yang udah berHaji, tapi gelar Hajinya nggak kamu sandingkan. Bapak kan jadi nggak enak.” Ujar Bapak sembari menyerahkan selembar kertas yang  berisi deretan nama orang. Sesaat aku terdiam sambil menatap layar komputer jinjing kemudian melirik lembar kertas yang diberikan Bapak.

Tips Umrah Bersama Anak

Dua hari lalu teman sepengajian sedang bingung antara Umrah segera mungkin atau tunggu hingga anaknya besar. Karena Alhamdulillah sedang ada rezeki tapi anaknya masih balita dan yang kedua satu tahun delapan bulan. Saat kami asyik mengobrol, tiba-tiba si anak mengatakan “Mah.. Aku mau ikut Umrah juga, aku gak mau ditinggal.”

7 Destinasi Bersejarah dan Istimewa di Madinah

Apa yang terlintas di pikiran Kamu saat mendengar nama kota Madinah? Pasti yang pertama ada di pikiran Kamu adalah Masjid Nabawi. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya ada apa sih di kota Madinah selain daripada Masjid Nabawi? Ternyata kota Madinah juga memiliki banyak tempat lain yang sayang untuk dilewatkan saat Kamu berkesempatan untuk berkunjung ke sana.

Ketika Haji Masih Jadi Mimpi

 Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.

Sayup-sayup suara orang bertalbiyah terdengar jelas di telingaku. Kuperhatikan sekeliling mencari sumber suara itu. Netraku nanar melihat lautan manusia berbondong-bondong mengenakan ihram putih berjalan melewati dan menerobosku. Teriakan dan dorongan mereka membuatku terpental hingga, brug. Aku terjatuh.

Keutamaan Ibadah Umrah

Umrah Itu Mulia

Meskipun kewajiban setiap muslim adalah berHaji jika mampu. Namun, pelaksanaannya bukanlah perkara mudah. Selain batasan waktunya yakni hanya boleh dilakukan dari tanggal 8 – 13 bulan Dzulhijjah, juga terbatasnya kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi terkait dengan pelaksanaan ibadah Haji ini. Sedangkan Umrah merupakan pilihan tepat bagi umat muslim yang ingin menumpahkan rindu untuk bersimpuh dan bersujud di Tanah Haram.