Heroes Legacy

Heroes Legacy

Tugu Pahlawan merupakan monumen yang menjadi landmark Kota Surabaya. Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, di mana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Monumen ini berada di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektare dan secara administratif berada di wilayah Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid.

Related Post

Halmahera, I’m Coming!

Halmahera, I’m Coming!

Meskipun belum puas “bermesraan” dengan bumi Papua, sudah saatnya kita berpaling ke lain hati. Karena…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *