Persiapan Fisik untuk Pergi Haji

Ibadah haji adalah ibadah banyak melibatkan gerak. Ini tercermin dari kegiatan Tawaf, Sa’I, dan Lontar Jumrah. Haji juga tinggi mobilitas, melibatkan pergerakan antar wilayah Mekkah, Mina, Arafah, Muzdalifah dalam waktu yang cukup singkat, 6 hari saja. Belum lagi menetapnya jamaah di tenda saat Wukuf di Arafah, dan Mabit (bermalam) di Mina. Keduanya merupakan area lapang di tengah padang pasir dalam cuaca yang ekstrim.

Jamaah pastinya perlu fisik yang prima untuk melaksanakan Rangkaian ibadah haji. Bagaimana mempersiapkan fisik yang siap menghadapi itu semua. Mari kita simak tips berikut ini.

1. Giat berolah raga. Tak perlu olahraga berat apalagi angkat beban. Cukup rutin berjalan kaki selama beberapa menit setiap hari atau beberapa kali setiap minggu. Ini akan membiasakan kita menghadapi etape yang mengharuskan berjalan kaki seperti Tawaf, Sa’I dan lontar jumrah.

2. Konsultasikan dengan dokter sedini mungkin apabila ada penyakit yang diderita atau kendala fisik saat ini yang perlu diantisipasi kelak saat ibadah haji

3. Bagi wanita usia subur, harap konsultasikan dengan dokter perihal jadwal menstruasi saat menjalankan ibadah haji nanti.

4. Teladani pola hidup sehat dan pengobatan ala Rasulullah sebagai salah satu ikhtiar kita untuk sehat. Misalnya: makan secukupnya, berbekam, mengurangi aktifitas setelah waktu Isya, puasa, dan shalat tahajud.

5. Konsumsi makanan sehat dan suplemen kesehatan. Beberapa diantaranya yang dicontohkan Rasulullah seperti Madu, Zaitun, Kurma, habbatussauda. Untuk infuse water pun demikian. Rasulullah menggunakan rendaman Kurma sebagai minuman dengan cara pembuatan seperti infused water

6. Untuk kesehatan mental, Rasulullah mencontohkan untuk memperbanyak berdzikir serta menjadikan membaca Al Qur’an sebagai obat hati. Jangan lupa, kesehatan mental akan mempengaruhi kesehatan fisik. Untuk dapat mempersiapkan haji, kita memerlukan ketenangan jiwa.

7. Jauhi pola hidup yang dapat merusak kesehatan seperti sering begadang, merokok, mengkonsumsi softdrink dan junkfood, dan stress

Nah, sekarang smartFOLKS sudah tau kiat-kiatnya. Jangan lupa di catet ya! Karena sesungguhnya ilmu hanya dapat diikat dengan menulis. Dan jangan lupa juga, praktekin!

Salam sehat!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *