Sekilas Tips Kesehatan Saat Berhaji.

Waktu haji sebentar lagi tiba, persiapan demi persiapan yang cukup melelahkan telah dilalui, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh agar pelaksanaan Ibadah dapat lebih khusyuk tanpa terganggu berbagai macam penyakit. Untuk menjaga kesehatan, olah raga harus dilakukan secara rutin, pola makan dan asupan gizi harus terjaga dengan baik. Daya tahan dan keseimbangan tubuh dapat juga dijaga dengan mengkonsumsi suplemen- suplemen. Kesehatan harus dijaga. Jika sering sakit-sakitan, akan banyak tahapan prosesi ibadah haji yang tidak bisa dilalui dengan sempurna. Oleh karena itu, menjaga kesehatan merupakan hal yang utama, agar semua rukun dan wajib haji bisa dilalui dengan mudah dan jemaah bisa menyelesaikan seluruh tahapan tanpa terganggu penyakit. Sebelum berangkat ke tanah suci, kita sudah berdisiplin soal makan. Jangan sampai gara-gara makanan, kita gagal berangkat menunaikan ibadah haji.

Berolah-Raga

Olah raga yang cukup, juga diperlukan agar badan tetap fit. Jalan kaki atau
lari-lari kecil di pagi hari, sangat dianjurkan bagi calon jemaah haji. Apalagi, kegiatan di tanah suci nanti, sebagian besar dilakukan dengan berjalan kaki. Karena itu berlatihlah sejak di tanah air. Jangan lupa juga divaksin, baik meningitis maupun vaksin antiflu.

Jika Terserang Penyakit

Walaupun kita sudah berusaha, terkadang penyakit tidak bisa ditolak. Hampir sebagian besar jemaah haji pernah mengalami sakit, terutama batuk, sakit tenggorokan atau influenza. Jika salat berjamaah di masjid, suara jemaah yang sedang batuk seperti sedang bersahut-sahutan. Bahkan suaranya khas, sehingga dikenal dengan istilah”Batuk unta”.

Agar tidak terserang flu berkepanjangan. Usahakan untuk selalu mengenakan masker yang bersih. Hindari terlalu sering datang ke tempat-tempat berkerumun orang banyak. Istirahatlah yang cukup. Jangan terlalu sering keluar malam. Makan cukup, dan konsumsi buah-buahan segar serta sayuran. Hindari kontak dengan jemaah yang sudah terserang flu.

Andaikan sakit, kita bisa menghubungi dokter. Namun terkadang di dokter pun persediaan obat-obatan habis, terutama menjelang kepulangan. Beli saja ke apotek. Umumnya pelayan apotek di sana merangkap dokter. Jadi kalau sakit flu disertai sakit kepala, pegang saja hidung dan kening kita, dia akan mengerti sehingga segera ia memberinya obat flu. Jika sakit tenggorokan, pegang saja leher. Kalau batuk, “gohgoy” saja di depan penjaga apotek itu Demikian semoga bermanfaat dan selamat menjalankan Ibadah Haji bagi Anda yang
akan melaksanakannya.

Related Post

Sapu Jagad

Sapu Jagad

Hari tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah) adalah hari yang memiliki kemuliaan. Rasulullah shalllahu alaihi wa sallam bersabda,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *