Ahli Hisab Timur Tengah Tetapkan 1 Syawal 13 Oktober

Masyarakat Penggemar Astronomi Uni Emirat Arab menyatakan bahwa Idul Fitri Syawwal akan jatuh hari Sabtu, 13 Oktober, yang hampir seragam dengan perhitungan para ahli hisab seluruh dunia yang digagas Organisasi Konferensi Islam. Demikian seperti diberitakan harian Arab News edisi Senin, 1 Oktober hari ini.

Menurut harian Arab News, kantor berita Emirat, WAM, mengutip pendapat Mohammed Shaukat Awda, anggota organisasi tersebut yang juga kepala Proyek Observasi Hilal Islam. Menurut Awda, hasil perhitungan ini merupakan hasil telaah dan analisa 350 ahli yang diundang pihaknya untuk membahas awal Syawwal.

Hingga saat ini, kalangan ahli hisab sepakat bahwa Idul Fitri akan jatuh hari Sabtu, 13 Oktober, meskipun perhitungan ijtimak terjadi pada pukul 12.00 WIB, atau pukul 08.00 Waktu Arab Saudi. Menuruit perhtungan ahli hisab Arab Saudi Dr. Ali Syukri, rembulan lebih dulu terbenam satu menit sebelum matahari sehingga tak mugkin hilal bisa dirukat.

Diakui Awda, bahwa di kalangan umat Islam terbelah pendapat tentang penetapan awal bulan Islam, terutama untuk bulan Ramadan dan Zulhijjah. Pada satu sisi mempergunakan ilmu hisab sepenuhnya dengan pertimbangan imkanur rukyat. Dan satu kelompok lain hanya mempertimbangkan rukyat semata seperti yang diajarkan Rasulullah. (www.informasihaji.com)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *