Tawa di Sudut Casablanca

smartJOURNEY Marocco – Spain

Tepat dipenghujung tahun 2013, jemaah smartJOURNEY mengarungi perjalanan yang sarat dengan sejarah masuknya Islam ke Eropa. Napak tilas perjuangan Thariq bin Jiyad menjadi salahsatu point penting dari eksplorasi Benua Afrika dan Eropa ini. Menembus ‘Kota Putih’ Casablanca, hingga menelusuri kota-kota di semenanjung Pantai Mediterania. Macam Rabat, Tangier, hingga singgah ke kota tua Marakech. Dan menyebrang selat Giblartar, mengawali kota pertama yang ditapaki pejuang Islam Thariq. Granada, Cordoba dan berakhir di Kota Madrid sebagai destinasi akhir menuju Tanah Air. Baiklah, cerita pertama berawal di kota Casablanca. Bila Anda terpesona dengan sebuah film klasik berjudul ‘Casablanca’, yang dibintangi oleh Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman, -namun- pastinya Anda akan jauh lebih terpesona saat mengunjungi Maroko, negara dimana Casablanca berada. Tetapi jangan samakan dengan film horor Indonesia tentang ‘Hantu Terowongan Casablanca’ karena jelas bentuk terowongan Casablanca yang ada di Jakarta berbeda dengan terowongan-terowongan Casablanca di Maroko.

Casablanca adalah kota terbesar di Maroko, terletak diantara Fez dan Marrakech, yang merupakan pusat perekonomian, industri dan keuangan. Meski merupakan kota Modern, pemandangan indah dengan bangunan tua bergaya ‘art deco’ masih sangat terawat dan dapat dengan mudah kita lihat hampir di setiap ruas jalan Casablanca. Kota inilah yang menjadi persigahan pertama peserta smartJOURNEY Keluarga Besar Rumah Sakit Sari Asih (SA). Perjalanan yang pastinya tak akan pernah terlupakan, betapa tidak, kasih sayang dan kekompakan selama perjalanan memberikan banyak arti kepada mereka yang menyaksikan perjalanan ini.

Casablanca

Nuansa Islam –memang- sangat terasa di kota ini, beragam mozaik Islam mengukir hampir di setiap bangunan dan jalanan yang membentang di pinggiran laut Mediterania, yang masyhur dengan keindahannya. Setelah perjalanan yang cukup jauh dari Tanah Air, sekitar 16 jam perjalanan udara. Begitu tiba di hotel yang indah, jemaah langsung istirahat untuk menyimpan energi, agar esok harinya bisa eksplor Casablanca dengan maksimal.

Pak Marsudi, Kepala Rumah Tangga keluarga besar ini, begitu asyik dengan pandangan tajamnya ke setiap pojok kota yang tersaji. Kadang berjalan santai sendiri melihat hal yang dirasa unik, pun juga sering terlihat, Bapak bijak ini menggenggam cucu-cucunya yang tampak sangat menyayangi kakeknya. Becanda, tertawa dan bermain di sepanjang jalan, dinginnya udara Casablanca tak menghilangkan kehangatan cinta mereka. Indahnya kebersamaan mereka menyempurnakan puzzle perjalanan yang sarat akan makna.

Tempat bersejarah pertama yang dikunjungi adalah Masjid Hasan II, masjid indah di tepi laut Mediterania ini begitu menawan, masjid besar yang terletak di jantung kota Casablanca adalah sebuah permata arsitektur modern. Hasil terbaik dari para seniman terbaik Maroko ini menjadi masterpiece arsitektur Islam abad 21. Keindahan masjid ini, tidak di sia-sia kan oleh keluarga besar SA untuk mengabadikannya. Beragam angle shooting menjadi aktivitas yang menggembirakan, terlebih gaya photografer yang aneh dan unik mengundang sejuta tawa di kota putih itu. Keunikan gaya Mas Angko untuk mengambil gambar dengan background menara tinggi, menjadi bulan-bulanan peserta smartJOURNEY Marocco-Spain. Malah berbalik, peserta yang akan di photo lah yang berbalik memphoto gaya aneh Mr. Angko. Gelak tawa dan senyum lebar benar-benar tampak dibawah langit cerah ber-suhu rendah, indah, seindah senyum dan tawa mereka. Masih banyak tawa di sudut kota 2 benua yang mereka jelajahi

To be continued

Related Post

CORDOVA TAKBIRAN

CORDOVA TAKBIRAN

Cordova Takbiran Ya Allah! Janganlah Engkau jadikan puasa kali ini sebagai puasa yang terakhir dalam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *