Sunnah-sunnah di Hari Jum’at

Sunnah-sunnah di Hari Jum’at

Mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berarti juga mencintai sunnah-sunnahnya. Salah satunya adalah sunnah di hari Jumat. Satu hari yang penuh berkah yang sangat diistimewakan oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa sunnah di hari Jumat yang beliau tuntunkan.

Perbanyak Shalawat Nabi

Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Muslim).

Membaca Surat Al Kahfi

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at.” (HR. Hakim). Dalam lafazh lainnya dikatakan, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Makkah).” (HR. Ad Darimi).

Memperbanyak Doa di Hari Jum’at

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim).

Empat pendapat ulama mengenai waktu yang dimaksud ialah waktu sejak imam naik mimbar sampai selesai shalat Jum’at, Setelah Ashar sampai terbenamnya matahari, setelah Ashar namun diakhir-akhir hari Jum’at dan menggabungkan semua pendapat yang ada atau tidak pada beberapa waktu tertentu saja.

Sunnah-sunnah Jum’at ini sebaiknya kita amalkan bersama dan bagikan kepada keluarga serta kerabat.

Cordova memiliki program smartUMRAH Friday in Makkah yaitu jamaah akan dapat melaksanakan ibadah shalat Jum’at di Masjidil Haram Makkah, dimana amal ibadah yang didapatkan berkali-kali lipat dibanding shalat Jum’at di kota lain. Bismillah…

Related Post

Jiwa Perkasa, Raga Berjaya

Jiwa Perkasa, Raga Berjaya

Jiwa adalah penggerak raga. Tanpanya, hanyalah jasad yang terkujur. Jiwa adalah jantungnya raga. Tanpanya, tiada…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *