Road to Excellence Service (2)

Dalam prosesi jual beli, Rasulullah SAW, kerap memberikan contoh untuk selalu memberikan hal yang terbaik pada konsumen. Bukan hanya kejujuran, tetapi kualitas product yang ditawarkan juga tidak mengecewakan terlebih mendustai orang (pembeli). Konsep ‘dagang’ seperti inilah yang Cordova bangun. Transparansi dalam setiap product membuat jemaah yakin dan tenang saat menginjakkan kaki di Tanah Suci. Perhitungan-perhitungan angka menilai biaya yang tinggi, sesungguhnya adalah sebuah keseimbangan dalam pemberian fasilitas yang eksklusif. Mudah sebenarnya mengetahui harga sebuah product, pertama adalah apa hotel yang akan dipakai disana, tidak cukup dengan itu, kapan hotel itu akan dipakai (?) Apa saat low season atau peak season (?) Siapapun -mungkin- paham kapan low season dan peak season terjadi saat berhaji. Meski menggunakan hotel paling eksklusif sekelas Intercont Dar-Tawhid Makkah misalnya, tetapi jika dipakai saat low season, maka dipastikan harganya jauh lebih rendah ketimbang saat berada pada peak season.

Sederhananya, peak season itu adalah waktu ketika mendekati hari-hari haji (Tarwiyyah). Dari tanggal 5 Dzulhijjah sesungguhnya harga semua hotel sudah memasuki grafik yang naik, dan terus meninggi hingga puncak haji. Tanggal 8, 9, 10, 11, 12, 13 Dzulhijjah adalah puncak dari peak season. Dan kembali akan menurun setelah pelaksanaan haji atau tanggal 14 Dzulhijjah hingga seterusnya. Sehingga tarif setiap hotel terlebih yang berada dalam “Ring-1” mengalami lonjakan yang berlipat.

Jika Anda membandingkan harga atau tarif pada suatu product haji, maka coba melihat kondisi peak session dan low season-nya. Bisa saja, menggunakan hotel yang sama, tetapi kenapa harga berbeda. Maka dapat dipastikan penempatan hotel tersebut tidak saat puncak hari-hari haji atau di saat harga sudah normal (usai tarwiyyah). Kondisi itu (low season dan peak season) juga berpengaruh pada maskapai-maskapai penerbangan. Semakin dekat jarak dengan peak season baik berangkat atau kembali ke Tanah Air, maka semakin tinggi harga-harga tiket. Dengan demikian, kita akan sangat integral dalam menilai harga sebuah product haji.

Belum lagi jika kita perhatikan bagaimana kondisi tenda di Mina dan Arafah, tentu akan sangat mempengaruhi harga yang diberikan. Karena haji adalah Arafah, maka Cordova juga fokus bagaimana memberikan perangkat (Tenda) yang mendukung tujuan semua jemaah haji di muka Bumi, yakni Mabrur. Yah, dengan kenyamanan Tenda VVIP di Mina dan Arafah, semua hal non teknis yang ‘mengganggu’ kekhusyuan, akan diminimalisir menjadi sebuah kenyamanan ibadah.

Cordova dengan Spirit of Hajj-nya, mencoba menelusuri sebuah inovasi product dalam menggapai suatu pelayanan yang mendekati kesempurnaan. Kenikmatan dan kekhusyuan adalah prioritas utama dalam meluncurkan the new product.

Jangan biarkan niat berhaji hanya sebuah angan yang tak pernah terwujud. Karena tidak ada yang tahu kapan dan dimana ruh kita terlepas dari jasad sebelum berada dalam gelombang dan samudra ampunan-Nya di Tanah Suci. Let’s Go To Hajj!


Kategori

Tag

Komentari artikel ini: