Nyantri Via Gadget

Internet dan jejaring sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Sejak pagi kita berangkat ke kantor sudah online untuk sekedar lihat situs berita. Sebagian kita memanfaatkan push email, facebook, atau twitter agar tetap eksis 24 jam. Setiap kawan dan kerabat dapat mengikuti juga mobilitas kita via foursquare. Idealnya, kita perlu sempatkan diri secara rutin berkumpul bersama, menjadikan keshalihan massif dengan me-recharge rohani yang kerap menjadi kering. Tapi mungkinkah menciptakan komunitas shaleh secara massif dengan rutinitas yang ‘seabreg’ (?) Jawabnya mungkin saja, namun –tentunya- harus dengan niat yang kuat. Bila ternyata tidak bisa juga, ada banyak alternatif dengan memanfaatkan gadget dan cyberspace. Kita dapat mulai dari tahapan download atau mengcopy CD-CD keislaman ke gadget. Di situs 4shared.com kita bisa download banyak konten keIslaman. Mulai dari ceramah, murattal/ tilawah Al Qur’an sampai dengan lagu-lagu Islami. Kemudian simpan file-file tersebut di HP, BB, iPod, iPad, DVD, atau MP3 player dan komputer tablet lain yang Anda punya. Sehingga di manapun dan kapanpun Anda dapat mendengarkannya.

Anda dapat memperdengarkannya di waktu-waktu “emas” bagi orang supersibuk seperti saat berangkat atau pulang kantor, menunggu pesawat, atau saat makan. Dulu, saking sibuknya mengkaji ilmu, seorang ulama, Muhammad bin Sahnun (256 H) sampai disuapi makan oleh pembantunya sementara tangannya sibuk menulis.

Bagi Anda yang menunaikan ibadah haji atau umrah, saat-saat boarding, perjalanan dengan bus, dan saat di Mina dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan keimanan kita. Bila terjadi delay, maka pastikan anda meraih kesempatan berharga untuk “nyantri” via gadget. Jangan lupa membawa earphone agar tidak mengganggu saudara kita yang sedang istirahat. Anda dapat pula memantau kepadatan jemaah haji yang sedang tawaf di Masjidil Haram melalui liputan Live Mecca dengan Galaxy Tab atau iPad. Demikian juga dengan Masjid Nabawi. Sehingga kita dapat menyesuaikan jadwal ideal untuk melakukan tawaf, atau menuju Raudhah.

Masih tidak puas dengan sekadar mendengarkan file-file audio (?) Mari kita coba dengan bertatap muka dengan sang ustadz di Youtube. Telah banyak video keIslaman diupload oleh saudara-saudara kita dari seluruh dunia. Apalagi bila kita lancar berbahasa Inggris dan Arab.

Koneksi internet yang tak selamanya lancar bisa disiasati dengan mendownload video tersebut saat koneksi sedang lancar. Caranya mudah. Cukup dengan mengkopi alamat web di address bar. Kemudian di paste ke software atau situs yang menyediakan fasilitas download seperti keepvid.com.

Bergabung dengan group-group pengajian virtual via facebook/ twitter juga bisa jadi sarana menstabilkan naik turunnya iman. Tentunya pengajian yang tidak ‘aneh-aneh’. Saat hati gundah, tak perlu menunggu sang ustadz datang di pengajian bulanan. Di situs lidwa.com anda dapat mencari rujukan Al Qur’an dan Hadits yang menjawab segala problematika kehidupan.

Sementara Tanzil.net menyajikan Al Qur’an digital mulai dari teks arab, hingga audio dengan suara qari yang dapat kita pilih. Sebuah situs yang cocok untuk tilawah dan belajar membaca Al Qur’an. Seakan kita dibimbing langsung ayat per ayat oleh sang syeikh.

Untuk para penggemar iPad, Anda dapat mendownload Daily Dua. Sebuah aplikasi yang memudahkan kita membaca do’a harian. Dahulu para “pemburu” hadits seperti imam Muslim, Tirmidzi, Abu Daud berkelana berhari-hari ke berbagai negeri hanya untuk mendengar hadits dari sumbernya. Kini di era informasi kita cukup mengaksesnya via gadget dengan aplikasi seperti Daily Hadits, Al Muslim (kumpulan hadist Sahih Muslim).

Selain itu masih terdapat banyak lagi software KeIslaman lainnya yang menunggu gairah kita untuk menimba ilmu selagi masih ada umur. Anda dapat mengarungi samudra ilmu dengan ‘Riyadus Saliheen’, khusyuk bermunajat dengan Dua Qurani (kumpulan do’a yang berasal dari Al Quran). Dan mengajarkan anak-anak kita tentang tingginya perabadan Islam dengan Islamic invention.

Tak lupa pula beberapa aplikasi untuk membantu keseharian ibadah seperti Qibla untuk menentukan arah kiblat dan berbagai aplikasi Adzan. Selamat ‘meraih surga’ berbekal gadget.


Kategori


Komentari artikel ini: